Langsung ke konten utama

Kesehatan

Pada umumnya kita melakukan kegiatan dipagi hari setelah atau sebelum mandi, adalah menggosok gigi. Tetapi ada yang pernah mengajarkan untuk menggosok gusi? Padahal ini sangat penting untuk kesehatan mulut dan gigi kita, karena bila gusi kita tidak sehat akan membuat sariawan dengan berakhir gigi yang goyang.
Untuk itu kita sebelum melakukan gosok gusi yang dilakukan setelah gosok gigi, kita harus membeli dahulu pasta PARADONTAX yang warna merah iya, ini umumnya juga dipakai oleh dokter gigi. Dan kita membutuhkan obat kumur LISTERINE untuk pemakaian setelah proses gosok ini.
Nah proses pertama, kita melakukan sikat gigi seperti biasa, danlakukan kesegala arah, agar gigi kita bersih. Sebagai info sikat gigi ada klasifikasi berdasarkan kekerasannya, ditandai dengan garis di ujung pasta gigi, ada yang warna hitam, biru dan hijau. Pakai yang cocok dengan kondisi gigi anda, dan bisa minta petunjuk dari dokter gigi anda. Setelah selesai sikat gigi anda melakukan sikat gusi, dimana sikat secara mengambang, jangan ditekan keras keras, setelah rata, di usahakan kena diseluruh permukaan gusi,baik gusi luar dan dalam. setelah merata, diamkan selama 1 menit, dan kumur. Terakhir anda kumur Listerine untuk mematikan kuman/ bakteri.

Mudah sebenarnya melihat karakteristik gusi sehat. Kita bisa amati sendiri sebenarnya. 
Ciri-ciri gusi sehat yaitu  :1. Warna coral pink2. Konturnya permukaannya halus dan bergelombang ditiap gigi, menempati daerah intendental dengan tepat
    dan melekat erat pada tiap gigi.
3 .Teksturnya padat dan tahan pada gerakan (tidak goyang)
4. Gusi sehat tidak bereaksi pada gangguan normal, jadi aman saat sikat gigi (probing)
Jadi, bila salah satu dari 4 ciri itu tidak kita temukan pada gusi, berarti gusi kita sedang dalam keadaan tidak sehat. Tingkatan gangguan umum pada gusi yaitu gingivitis, periodontitis atau advanced periodontitis. 
Mendeteksi gusi kita itu sehat atau tidak, bisa diamati saat menyikat gigi atau meludah. Bila ada darahnya  berarti gusi kita bermasalah.
Ini adalah beberapa penyebab gusi berdarah : 1. PlakPlak yang ada karena jarang sikat gigi atau karena hal lainnya, akan membuat penumpukan di garis gusi (gingivitis).
2. MerokokTembakau menghambat nutrisi yang dibawa aliran darah ke gusi. Sehingga, pertahanan daerah gusi rentan terhadap infeksi. Pekokok akan mudah mengalami gusi yang tidak sehat. Jadi, masih pikir-pikir untuk "katakan tidak pada rokok??".
3. Pola makan dan gaya hidup4. WanitaPerubahan hormonal pada wanita rentan gusi berdarah. Penelitian menyebutkan 47% wanita hamil yang mengalami gusi berdarah ini bisa mengakibatkan prematur, pre eklampsia dan berat bayi lahir rendah.
5. Diabetes. Kelainan metabolik tingginya kadar gula pada penderita diabetes membuat rentan terkena gusi berdarah. Infeksi akan mudah terjadi.
Faedah yang didapatkan adalah, terhindar dari sakit sariawan dan gigi. Bila kita memakan mengandung makanan yang tidak sehat, akan langsung terasa di lidah, dimana sariawan terjadi di lidah. Untuk perawatan gosok gusi cukup dilakukan sekali dalam satu hari. Setelah dua minggu baru terasa faedahnya. Perawatan ini telah dilakukan selama 2 tahun, dan sangat terasa manfaatnya.
Semoga info ini dapat membantu, selalu menjaga kesehatan kita..

.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lakukan Sebelum Menggunakan Fasilitas Hotel

Bila kita melakukan perjalanan dengan keluarga, maka kita harus benar benar perhatikan waktu memasuki kamar hotel. Kita tahu bila kamar hotel selalu dibersihkan oleh pegawainya bagian housekeeping, tetapi itu mereka kerjakan secara normatif, dan sering saya lihat untuk teko listriknya hanya dibuang airnya. Dan penggantian sprey dan towel. Ini dapat dimengerti mereka di tuntut kerja dalam standart operation prosedure yg telah ditentukan. Untuk itu kadang mereka tdk melihat secara detail. Nah kita wajib memperhatikan hal hal penting ini.
Pertama tama check kamar mandinya. Dan perhatikan dreyer apa dalam kondisi baik, toilet duduk kondisi bersih? Shower / bathtub bersih, setehah itu lihat kulkas dan minibar, apa expire date makanan dan minuman kondisi masih aman. Setelah itu coba perhatikan di ujung ujung kamar apa kondisi bersih? Umumnya bila ada binatang kecing akan tampak di ujung2 kamar. Bila ada yang tidak benar langsung hubungi receptionis untuk komplain dan pemberitahukan, agar d…